Kamis, 23 Juni 2016

PENGAPLIKASIAN CLOUD COMPUTING DENGAN FREENAS


LAPORAN SISTEM TERDISTRIBUSI
PENGAPLIKASIAN CLOUD COMPUTING DENGAN FREENAS

Dosen Pengampuh : Musayyanah, S.ST, M
 
       I.            TUJUAN
-          Mengenalkan Mahasiswa tentang konsep Cloud Computing
-          Mengenalkan Mahasiswa tentang konfigurasi FreeNast pada jaringan.
-          Memenuhi Mata Kuliah Sistem terdistribusi

    II.            DASAR TEORI 

c
1.      Pengertian Cloud Computing
Cloud computing merupakan gabungan dari fungsi teknologi komputer  dalam suatu jaringan komputer dengan pengembangan berbasis internet.
Cloud Computing berfungsi untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Sehingga penyimpanan data tidak harus memakai hardisk atau flashdisk tetapi bisa langsung menyimpan data melalui internet. Contoh pengaplikasian cloud computing adalah Google Drive dan DropBox.

Kelebihan Cloud Computing  :

-          Data terpusat yaitu bisa diakses dimana saja dan kapan saja selama ada sambungan internet.
-          Fleksible yaitu memudahkan dalam mengakses data.
-          Memiliki Skalabilitas yang tinggi yaitu dapat mengurangi atau menambahkan spesifikasi/ sumber daya dari kapasitas server yang digunakan.
-          Investasi yaitu dapat menghemat biaya investasi karena tidak perlu membeli media lain untuk penyimpanan data yang besar.
Kelemahan Cloud Computing
-          Keamanan data tidak terjamin karena proses pengiriman data dan penerimaan data dilakukan nirkabel.
-          Harus tersambung pada koneksi internet terlebih dahulu.
-          Kerahasiaan tidak terjamin karena keamanan pun masih belum aman. Sehingga kemungkinan data masih bisa diakses oleh orang lain.

2.      Karakteristik Cloud Computing
a.      On Demand Self Service
Pengguna dapat memesan dan mengelola layanan tanpa interaksi manusia dengan penyedia layanan, misalnya dengan menggunakan sebuah portal web dan manajemen antarmuka.
b.      Broad Network Acces
Layanan yang tersedia terhubung melalui jaringan agar dapat diakses secara memadai melalui jaringan internet, baik menggunakan smartphone atau yang lain.
c.       Resource pooling
Penyedia layanan cloud memberikan layanan melalui sumber daya yang dikelompokkan di satu atau berbagai lokasi data center yang terdiri dari sejumlah server.
d.      Rapid Elasticity
Kapasitas komputasi yang disediakan dapat secara elastic dan cepat disediakan, baik itu dalam bentuk penambahan atau pengurangan kapasitas yang diperlukan.
e.       Measured Service
Sumber daya cloud yang tersedia harus dapat diatur dan dioptimasi penggunaanya, dengan suatu sistem pengukuran yang dapat mengukur penggunaaan dari setiap sumber daya komputasi yang digunakan.

3.      Layanan Cloud Computing
-          Software as a Service (SaaS)
Layanan yang menyediakan aplikasi jadi atau siap pakai kepada user. Ciri dari layanan ini adalah user tidak perlu membuat aplikasi, tidak perlu menyiapkan tempat dan juga infrastruktur. Contoh SaaS adalah gmail dll.
-          Platform as a Service (PaaS)
Layanan yang menyewakan “tempat”untuk menjalankan aplikasi dari user. Tempat yang dimaksud seperti sistem operasi, database, framework atau yang lain .
 Cirri dari layanan ini adalah user tidak perlu melakukan maintenance dan tidak perlu menyiapkan infrastruktur. Sehingga user dapat tetap fokus membangun aplkasinya.
-          Infrastructure as a Service (IaaS)
Layanan yang menyewakan infrastruktur IT kepada uer yang ingin membangun layanan cloud. Infrastuctur IT kepada user yang ingin membangun layanan cloud. Infrastruktur disini bersifat fisik, bisa berupa konfigurasi diserahkan kepada user. Cloud Provider hanya menyediakan infrastructure memory atau menambah server, user tinggal menghubungi provider kemudian provider akan menyediakan sesuai dengan permintaan.



NAS dan FreeNAS



A . Pengertian tentang NAS (Network Attached Storage)



NAS adalah sebuah perangkat yang memungkinkan pengguna dalam sebuah jarigan bisa membuka dan menyimpan file layaknya sebuah harddisk tanpa kita harus terhubung langsung ke Komputer (PC) pengguna. Pengguna akan dengan bebas dan mudah untuk mengakses file yang mereka miliki sepanjang jaringan keadaan aktif.



B.     Pengertian tentang FreeNAS

FreeNAS adalah sebuah sistem operasi NAS (Network Attached Storage) yang dibangun di landasan FreeBSD. FreeNAS memberikan peluang untuk memanfaatkan harddisk dimana sistem operasi FreeNAS ditanamkan untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data (Storage).





Tugas



1.      Jelaskan singkat secara singkat beberapa aplikasi dari cloud computing (3)

jawab :

A.    FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. Protokol ini masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.






B.     SSH



SSH adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Sama seperti telnet, SSH Client menyediakan User dengan  Shell untuk remote ke mesin. Tidak seperti telnet, SSH menyediakan koneksi enkripsi antara klien dengan server. Dalam prakteknya, penggunaan menggunakan PUTTY.

Manfaat SSH

Dengan menggunakan SSH Anda dapat bergerak bebas melalui stukrur file akun hosting. Anda juga dapat menjalankan tugas seperti monitoring log file dan memulai atau menghentikan service ( berlaku di layanan VPS / Dedicated). Bahkan ANda juga dapat menggunakannya untuk install software ke akun hostingmu atau manage database MySQL. SSH mengijinkan Anda untuk melakukan banyak hal lebih dari standard web.

Keuntungan menggunakan SSH
SSH mengijinkan mengenskripsi data sehingga kemungkinan malicious tidak dapat mengakses informasi user dan password. SSH juga mengizinkan untuk menembus protokol lain seperti FTP.

C.    iSCSI

iSCSI merupakan kependekan dari internet small computer system Interface. iSCSI merupakan storage ( media penyimpanan) menggunakan internet protokol  sebagai penghubung antara storage dengan server (komputer), dengan kata lain iSCSI digunakan untuk menghubungkan hard disk beserta transfer data melalui jaringan internet maupun intranet. iSCSI biasanya digunakan pada SAN (Storage Area Network), tetapi untuk NAS (Network Attach Storage) terkini sudah mengimplementasikan iSCSI.


2.      Berikan contoh konfigurasi ?
jawab :


3.      Jelaskan pendapat anda peranan FreeNAS jika dikaitkan dengan konsep cloud computing. Apa saja kelebihan dari FreeNAS jika kita menggunakannya dalam kondisi offline (tidak terhubung ke jaringan) ?
jawab :
FreeNAS adalah sistem open source yang prabayar, mudah di implementasikan dan memberikan layanan yang cukup unutk di pelajari dan sangat berguna bagi para kalangan pemula atau newbie. Ada sebuah layanan yang seperti konsep cloud computing.
Contoh : FTP dan SSH.
Ketika mengakses FreeNAS kita tidak perlu terhubung jaringan internet kita tinggal copy ip address yang sudah di tentukan oleh FreeNAS.berikut adalah kelebihan dari FreeNas
1.    Mudah di konfigurasinya dengan menggunakan website (Mozilla Firefox)
2.    Banyak layanan yang diberikan oleh FreeNAS mulai dari SSH, FTP dan iSCSI dll.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar