Senin, 23 Mei 2016

Aplication Programming Interfaces dalam Datagram Socket dan Datagram Packet


TUGAS SISTEM TERDISTRIBUSI 
BAB IV INTERPROSES COMMUNICATION 
RESUME 



1.        (Aplication Programming Interfaces)

Pada pengertian Umum , API adalah kumpulan perintah, fungsi dan protocol yang bisa digunakan oleh pengembang software (programmer) untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak.
     Contoh penerapan API  dalam pengerian umum adalah ketika kita membuka file dengan perintah open pada aplikasi , perintah open tersebut sudah diprogram dengan menggunakan Java. Tetapi perintah open tersebut tidak langsung dimengerti oleh kernel sistem operasi tetapi harus diterjemahkan dulu oleh System calls interfaces kedalam bahasa system calls. Dan bahasa system calls lah yang akan memerintahkan hardware sesuai dengan perintah progaram.

            Sedangkan pada system terdistribusi , API  digunakan sebagai penanganan proses pengiriman and penerimaan atau singkatnya yaitu melakukan proses komunikasi.
     Contoh penerapannya yaitu ketika kita memesan tiket online , Pengguna memasukkan informasi tentang kartu kredit pengguna untuk membeli tiketnya. Karena aplikasi Penjualan tiket online tersebut menggunakan API ,aplikasi tersebut mengirimkan informasi kartu kredit pengguna tersebut pada aplikasi lain untuk proses verifikasi data. Ketika data sudah benar, aplikasi tersebut mengirimkan informasi bahwa informasi tersebut telah benar. Pada segi interfaces,pengguna hanya melihat 1 aplikasi saja atau 1 proses saja, padahal dibelakang aplikasi tersebut terdapat komunikasi antar proses atau interproses communication.

     Terdapat beberapa karakteristik  menggunakan API ini yaitu:

1.      Synchronous dan Asynchronous
   
     Synchrohous adalah proses komunikasi yang pengiriman dan penerimaannya dilakukan pada waktu yang sinkron atau sama. Sehingga pengiriman data tersebut dilakukan pengguna komputer yang sama sama online pada jaringan tersebut . Contoh pada penggunaan video calls.
  
     Asynchronous adalah proses komunikasi yang pengiriman dan penerimaanya dilakukan pada waktu yang tidak sinkron atau tidak sama. Sehingga pengiriman data tersebut dilakukan pada komputer yang tidak saling online pada jaringan. Contoh pada penggunaan email.

2.       Message Destination

Tujuan Pesan digunakan untuk mengetahui tujuan pengiriman pesan. Pengiriman pesan tersebut bisa mengetahui sampai tingkat port yang digunakan untuk komunikasi data.

3.      Reliability

Pada Reability adalah tingkat keamanan pada pengiriman pesan. Sehingga data yang relieble akan lebih aman ketika dikirimkan/ tidak terjadi error. Data yang terjadi error dapat dikirimkan kembali pada jaringan tersebut.



4.      Ordering
 
     Pada Ordering yang berarti pengurutan. Ketika packet berjalan pada layer Transport pada OSI layer , packet akan dipecah menjadi segmen segmen kecil. Sehingga ordering ini berjalan ketika packet diterima dan menjadi penggabungan segmen sehingga packet akan urut tanpa terjadi error.

     SOCKET

    Socket adalah tatap muka paling inti pada suatu jaringan. Tanpa soket jaringan tidak akan bisa berjalan layaknya komunikasi secara langsung. Protokol pada socket ada 2 yaitu UDP dan TCP . protocol tersebut layaknya bahasa yang dapat digunakan untuk komunikasi , sehingga komunikasi hanya dapat dilakukan pada protocol yang sama.

               UDP adalah User datagram protocol . Jadi datagram termasuk dalam connection less . connection less yaitu jika client mengirimkan packet / data ke client lain. Client tersebut tidak harus online kedua duanya . hanya cukup 1 komputer pengirim yang menyala dan komputer lain tidak perlu menyala. 
              Pada karakteristik API (aplication programming interfaces) yaitu asyncronous . pengertiannya yaitu komunikasi yang tidak langsung atau dilaksanakan secara tunda . contohnya pada pengiriman email, menulis dan membaca dokumen online (www).
              UDP diciptakan dengan menggunakan class datagram socket yang menggunakan packet (dalam bentuk representasi object Datagram Packet) . Data dalam komunikasi paket UDP dikirimkan diatas sebuah DatagramSocket dengan menggunakan DatagramPacket, dan buffer data ada pada setiap datagram socket .alamat komputer remote yang akan dikirimi data dan nomer port yang digunakan.
       Buffer data adalah tempat penampung atau penyimpanan sementara untuk data.
             Datagram adalah format paket yang telah ditentukan. Packet adalah kumpulan informasi yang kita kirimkan ke perangkat lain dan dikirimkan melalui jaringan yang digunakan.
      Jadi Datagram paket adalah format atau bahasa yang digunakan untuk mengirimkan informasi atau data pada perangkat lain melalui jaringan yang digunakan. Pada pengiriman data / packet harus memiliki datagram yang sama layaknya seperti orang yang sedang berbicara harus ada bahasa yang saling dimengerti . Pengiriman Datagram paket harus melalui datagram socket terlebih dahulu.
            Datagram socket adalah format atau bahasa yang digunakan untuk interfaces pada jaringan atau titik komunikasi antar perangkat pada jaringan. Setiap perangkat pasti memiliki socket untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.
      Datagram socket dan Datagram Packet dapat diprogram melalui Program API seperti java . 


Nama : Destian Adi Jaya
Nim    : 14410200002 

http://blog.stikom.edu/musayyanah/ 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar