Rabu, 05 November 2014

PENGERTIA KOMUNIKASI EFEKTIF

KOMUNIKASI EFEKTIF

Komunikasi efektif adalah proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan dengan menggunakan media , yaitu apa yang diyakini oleh si pemberi pesan dan yang menerima pesan itu sesuai , maksudnya apa yang diterima oleh sikomunikan itu sama dengan yang ingin disampaikan oleh komunikator dimana pesan itu dapat merubah perilkau, sikap dan pengetahuan si penerima pesan sesuai harapan komunikator.  

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

-         Komunikator
-         Komunikan
-         Saluran
-         Situasi Komunikasi
-         Gangguan Komunikasi
-         Pihak yang menerima
-         Umpan Balik dan dampak

MANFAAT KOMUNIKASI

-         Tersampainya gagasan atau pemikiran kepada orang lain dengan jelas sesuai dengan jelas sesuai yang dimaksud
-         Adanya saling mengerti antara komunikator dan komunikan
-         Menjaga Hubungan baik

TEKNIK BERKOMUNIKASI SECARA EFEKTIF

-         Memahami maksud dan tujuan berkomunikasi
-         Mengenali komunikan
-         Menyampaikan komunikasi dengan jelas
-         Menggunakan alat bantu yang mendukung
-         Menjadi Pendengar yang baik
-         Memusatkan perhatian
-         Menghindari terjadinya gangguan
-         Membuat suasana menyenangkan
-         Memanfaatkan Bahasa tubuh dengan benar

KOMPONEN PENTING DALAM KOMUNIKASI

-         Pengirim pesan
-         Pesan yang dikirimkan
-         Media pengiriman pesan
-         Penerimaan pesan
-         Umpan balik 

KETERAMPILAN DASAR DALAM KOMUNIKASI

-         Membaca
-         Menulis
-         Mendengarkan
-         Berbicara

CARA MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF

-         Kita harus Berusaha untuk mengerti benar terhadap sifat orang lain
-         Kita harus memenuhi komitmen atau janji yang telah kita buat
-         Meminta maaf secara  tulus ketika kita membuat kesalahan 

HUKUM KOMUNIKASI 

-         Sikap Menghargai
Berarti rasa hormat dan saling menghargai orang lain. Pada prinsipnya , manusia ingin dihargai dan dianggap penting.
-         Kemampuan mendengar
Berarti kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain.
-         Dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik
Berarti Pesan yang kita sampaikan dapat diterima dan dipahami oleh penerima pesan.
-         Jelas
Berarti perhatian akan apa yang disampaikan oleh pembicara sehingga membuat pembicara merasa diperhatikan .
-         Rendah hati
Berarti untuk membangun rasa menghargai orang lain biasanya didasari oleh sikap rendah hati yang kita miliki

UMPAN BALIK ATAU  TANGGAPAN

-         Tekankan sisi kebaikan dan redam kesan bahwa jawaban salah
-         Analisa kekurangan untuk memberikan alasan spesifik terhadap kekurangan tersebut
-         Berikan komentar yang berorientasi kepada jawaban, bukan berorientasi kepada orangnya
-         Sesuaikan Tanggapan dengan Situasi yang terjadi
BENTUK KOMUNIKASI
-         Komunikasi Verbal :
Bentuk komunikasiyang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis atau lisan
Contoh:
                    Komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media , contoh , seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon
          Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan . proses penyampaian informasi bias menggunakan berupa surat, lukisan ,gambar, dll
-         Komunikasi non verbal :
Bentuk Komunikasi non verbal sendiri diantaranya adalah , bahasa isyarat , ekspresi wajah , sandi , symbol, pakaian sragam ,dll
Contoh:
a.     Sentuhan 
Sentuhan dapat berupa : bersalaman , berciuaman , pukulan,dll
b.     Gerakan tubuh
Gerakan tubuh dapat berupa kontak mata, ekspresi wajah dan sikap tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar